Jumat, 10 Maret 2017

bakso bakwan malang - wikipedia

Mengenal Lebih Dalam Tentang Bakso

Bakso merupakan makanan yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri hampir di seluruh penjuru ada. Dan uniknya adalah makanan yang berbahan daging giling ini di setiap kota seluruh Indonesia racikannya berbeda beda. Yuk simak lebih lanjut mengenai bakso.

Menurut KBBI, bakso adalah makanan terbuat dr daging, udang, ikan yg dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat. Tidak jauh berbeda dengan definisi dari Wikipedia. Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. Umumnya masyarakat Indonesia memanggilnya dengan sebutan bakso, namun kebanyakan orang Sunda menyebutnya baso.

Asal Mula Bakso

Bakso menjadi terkenal di Indonesia oleh masyarakat Tionghoa Indonesia. Istilah bakso juga berasal dari kata Bak-So dalam bahasa Hokkien (Taiwan) yang artinya adalah daging giling. Dikarenakan penduduk Indonesia mayoritas adalah muslim maka kebanyakan bakso dibuat dari daging halal seperti daging ayam, sapi maupun ikan. Sekarang ini makanan lezat berbentuk bulat ini lebih banyak dijual oleh orang orang Jawa dan yang terkenal adalah berasal dari kota Malang, Solo dan Wonogiri. Ketiga kota tersebut memiliki ciri khas masing masing. Di kota Malang bakso disajikan dengan berbagai olahan pangsit dan tahu bakso, isi di dalam satu mangkok bakso Malang lebih terlihat ramai dibandingkan dengan yang lain. Berbeda dengan Wonogiri dan Solo, ciri khas dari kedua kota ini adalah aroma kaldu sapinya yang membuat orang ketagihan. Bersyukurlah karena kamu bisa menemukan bakso dengan mudahnya dari penjual keliling hingga kelas restoran. Nah, bagaimana cara membuat bakso?

Cara Membuat Bakso

Membuat bakso tidaklah sulit, namun butuh kegigihan untuk mendapatkan cita rasa yang pas. Berikut bahan dan cara membuat bakso.
Di bawah ini adalah cara untu membuat bakso daging sapi.

Bahan yang perlu dipersiapkan : (berlaku kelipatannya)

1.     1 kg daging sapi dan giling sekalian
2.     6 siung bawang putih
3.     1 ons tepung kanji
4.     1/2 sendok teh merica bubuk
5.     1 sendok makan garam putuh lebut
6.     penyedap rasa sesuai selera

Instruksi Pembuatannya :

1.  Tumbuk / blender bawang putih sampai lembut
2.  Campur semua bahan bumbu di atas termasuk daging dan bawang putih, pokoknya campur semua dan aduk sampai rata dan punel
3.  Aduk Campuran itu selama kurang lebih 11 menit
4.  Selanjutnya adonan yang sudah jadi satu tersebut bentuk bulatan bulatan memakai tangan dan sendok juga bisa.
5.  Rebus pentol bakso yang belum matang itu atau bulatan bakso yang belum matang itu kedalam air mendidih kurang lebih 15 menit, tergantung besarnya bakso yang dibuat, dan tanda baksonya sudah matan adalah bakso tersebut mengambang.
6.  Kalau ingin cepat merasakan hasilnya segera angkat dan siap untuk dihidangkan dengan saos kecap.





2 komentar: